Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, semakin banyak pula lini kehidupan kita yang sudah menggunakan teknologi untuk kemudahan. Termasuk didalamnya pemanfaatan teknologi dalam absensi.

Teknologi dalam absensi ini hadir dalam wujud mesin absensi dengan menggunakan sidik jari atau yang dikenal dengan fingerprint. Mesin ini dapat mendeteksi susunan kontur sidik jari dari seseorang.

Finger Print SSR500

Finger Print A5 / www.eattendance.net

Dengan desain modern dan ringan, distributor menjual fingerprint scanner ini dengan harga Rp 770.000,00. Mesin Fingerprint Murah ini memiliki kelebihan mudah dipasang dan tidak perlu disambungkan dengan perangkat komputer untuk mengelola data absensinya. Perangkat ini memiliki layar 2,8 inci dengan kapasitas pemindaian 500 sidik jari dan dapat menyimpan hingga 50.000 data kehadiran. Data kehadiran karyawan yang telah tersimpan dalam perangkat ini dapat diunduh dan ditransfer ke komputer menggunakan USB. Peranti ini terjual dalam satu paket yang terdiri dari: 1 unit fingerprint, 1 unit Adaptor, 1 lembar manual penggunaan.

 

Nah, apa saja manfaat yang akan didapat dengan menggunakan mesin  absensi sidik jari ini? Berikut ini jawabannya:

1. Mencatat waktu absensi dengan sangat akurat

Manfaat yang akan didapat dengan menggunakan mesin absensi sidik jari atau fingerprint untuk keperluan absensi adalah mampu memberikan laporan catatan dengan sangat akurat, mulai dari jam kedatangan, jam istirahat, jam pulang hingga jam shift pun bisa dengan mudah dengan menggunakan mesin absensi sidik jari ini.

Data absensi ini akan otomatis akan tersimpan di database mesin absensi, sehingga akan memudahkan pengelola absensi untuk membuat laporan data absensi dari mesin fingerprint hanya dengan meng-unduh data menggunakan USB flash drive.

Tentu hal ini akan memudahkan bukan, tanpa harus perlu repot-repot tulis tangan dan tanda tangan dibuku absen.

2. Mencegah titip absen

Manfaat lainnya dengan menggunakan mesin absensi sidik jari (fingerprint) adalah mencegahnya titip absen. Sudah bukan rahasia lagi titip absen sering kali ditemui dan dilakukan oleh karyawan perusahaan, siswa atau guru di sekolah, pegawai minimarket, dsb nya yang di tempat kerja atau belajarnya tidak menggunakan mesin absensi atau masih menggunakan sistem manual berupa tanda tangan.

Tentu hal ini akan merugikan perusahaan, sekolah atau instansi. Tapi kerugian ini akan berubah seketika, ketika beralih menggunakan mesin absensi fingerprint. Budaya titip absen bisa dihentikan, karena menggunakan metode sidik jari yang pastinya tiap manusia tidak sama satu sama lain. Sehingga pihak perusahaan bisa mengetahui tingkat kedisiplinan karyawan, siswa, atau guru dlsb nya dengan lebih akurat

3. Memudahkan menghitung gaji dan pencatatan bonus

Jika anda segera menggunakan mesin absensi sidik jari ini akan sangat diuntungkan dengan penggunaannya. Dengan mesin sidik jari ini, kita bisa mendapatkan informasi data yang akurat terkait kalkulasi upah dan uang lembur yang akan diterima karyawan sesuai dengan waktu kerjanya. Termasuk pengurangan gaji karena bolos kerja, cuti, atau sakit.

Pun begitu jika ditempat perusahaan anda memberlakukan sistem bonus tiap bulannya, dengan menggunakan mesin absensi ini anda akan dengan sangat mudah menentukan besaran bonus yang akan didapat tiap karyawan.

Sehingga dari jam kedatangan, jam istirahat, jam pulang hingga jam shift karyawan, akan bisa dilihat dalam laporan absensi bulanan, apakah berhak untuk mendapatkan bonus atau tunjangan atau tidak.

Mudah bukan!

4. Mengontrol Akses Pintu 

Fitur khusus dari mesin absensi sidik jari ini bisa digunakan juga loh untuk memberikan akses kontrol pada ruangan di kantor maupun kelas dlsb nya. Beberapa ruangan khusus yang menyimpan dokumen penting atau untuk tujuan lainnya juga bisa menggunakan fitur khusus ini, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk.

5. Menghemat waktu dan kertas

Manfaat berikutnya yakni kita akan dapat menghemat banyak waktu. Kegiatan menempelkan jari atau pendeteksi wajah pada mesin fingerprint  tersebut apabila dihitung secara matematis, tidak sampai 5 detik! Berbeda dengan metode absensi yang menggunakan kartu absensi, ataupun tandatangan yang membutuhkan waktu cukup lama.

Anda juga bisa ikut menghemat kertas sebagai upaya mengurangi konsumsi kayu untuk pembuatan kertas yang marak sekali diambil dari penebangan liar. Dengan beralih menggunakan mesin absensi yang menggunakan sidik jari, maka suatu perusahaan atau instansi sudah ikut menerapkan konsep go green, dan juga ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan kertas dalam melakukan proses absensinya.

6. Sangat praktis

Mesin absensi sidik jari ini memiliki bentuk yang sangat praktis dan mudah dibawa kemana saja. Dengan hal ini, maka mesin absensi tidak membutuhkan ruang khusus yang besar untuk meletakkanya. Perusahaan hingga instansi dapat meletakkan alat ini pada tembok-tembok, tanpa harus menyediakan ruang khusus dan juga dapat menghemat ruang. Selain itu tidak memerlukan komputer untuk pengoperasiannya.

7. Menghindari terjadinya human error

Mesin absensi sidik jari atau fingerprint juga sangat mampu mencegah munculnya human error yang akan merugikan banyak pihak, terutama dalam proses input jam absensi secara manual ke dalam database (buku). Sehingga anda tidak perlu lagi was-was terjadi keselahan, mesin absensi ini akan mencatatnya dengan sangat akurat.

Saat nya ucapkan selamat tinggal pada human error!!!